ctrlnum 1325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinib.ac.id/1325/</relation><title>NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-SAJADAH</title><creator>Fadel, Muhammad</creator><subject>Referensi Umum dan Terbitan Berseri</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Fadel Muhammad, NIM 1314010410, Nilai-Nilai Pendidkan Islam Dalam Surat al-Sajadah. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2017.&#xD; Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Banyaknya terjadi penyimpangan nilai-nilai ditengah masyarakat, seperti nilai Pendidikan akidah yaitu umat Islam selalu meminta petunjuk kepada al-Qur&#x2019;an tetapi syahwatnya di perturutkan kepada yang tidak baik. Penyimpangan nilai Pendidikan ibadah, seperti umat Islam sibuk dengan pekerjaannya, sehingga mudah meninggalkan shalat lima waktu dan tidak sempat bangun tahajjud di malam hari karena kelelahan. Penyimpangan nilai Pendidikan akhlak, seperti banyak manusia yang tidak sabar dalam kehidupan sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, begitu juga umat Islam melihatkan auratnya, melihatkan hidup yang serba mewah dengan membeli barang-barang haram, seperi minuman keras dan narkoba yang dilakukan mereka ditelevisi maupun media sosial sehingga ditiru oleh masyarakat padahal yang diikutinya itu adalah prilaku orang yang berdosa dan kafir. Dengan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam surat al-Sajadah membuktikan betapa besarnya keagungan Allah dengan nilai-nilai yang begitu indah bagi manusia. &#xD; Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana nilai-nilai Pendidikan Islam dalam surat al-Sajadah. Dan difokuskan pada nilai Pendidikan akidah yang terdapat dalam surat al-Sajadah, nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah, dan nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research, yang fokus pada mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka. Penelitian kepustakaan adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Untuk mengetahui nilai pendidikan Islam tersebut, metode tafsir yang digunakan adalah metode tafsir maudhu&#x2019;i atau yang disebut dengan metode tematik. Metode maudhu&#x2019;i adalah metode yang menafsirkan ayat-ayat al-Qur&#x2019;an berdasarkan tema tertentu. Dalam hal ini berkaitan dengan nilai Pendidikan akidah yang terdapat dalam surat al-Sajadah, nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah, dan nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah.&#xD; Adapun hasil telahan dan analisis, serta pengolahan data dari berbagai sumber, maka diperoleh hasil bahwa nilai Pendidikan akidah dalam surat al-Sajadah ayat 1, 2, 3, dan 4 adalah Manusia diwajibkan untuk meyakini Allah, dan al-Qur&#x2019;an. Dengan akidah yang kuat kepada Allah, dan menjadikan al-Qur&#x2019;an sebagai pedoman maka kentraman dalam hidup akan didapatkan bagi manusia. Nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah ayat 15, 16 dan 24 adalah Manusia yang baik akan menghasilkan akhlak yang baik, diantaranya sifat yang rendah hati, istiqomah, dermawan, dan sabar. Nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah ayat 17 dan 19 adalah ibadah merupakan bentuk penghambaan dan pendekatan diri manusia terhadap Allah. Manusia yang senantiasa ikhlas beribadah karena Allah akan mendapatkan ketenangan serta balasan surga.</description><date>2018-02-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/3/kata%20pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/4/kata%20persembahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/6/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/7/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/8/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/9/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/11/DAFAR%20KEPUSTAKAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/12/BIODATA%20PENULIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1325/13/gabungan%20skripsi%20new.pdf</identifier><identifier> Fadel, Muhammad (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-SAJADAH. Skripsi thesis, UIN IB PADANG. </identifier><recordID>1325</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fadel, Muhammad
title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-SAJADAH
publishDate 2018
topic Referensi Umum dan Terbitan Berseri
url http://repository.uinib.ac.id/1325/1/COVER.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/3/kata%20pengantar.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/4/kata%20persembahan.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/6/BAB%20I.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/7/BAB%20II.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/8/BAB%20III.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/9/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/10/BAB%20V.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/11/DAFAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/12/BIODATA%20PENULIS.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/13/gabungan%20skripsi%20new.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1325/
contents ABSTRAK Fadel Muhammad, NIM 1314010410, Nilai-Nilai Pendidkan Islam Dalam Surat al-Sajadah. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2017. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Banyaknya terjadi penyimpangan nilai-nilai ditengah masyarakat, seperti nilai Pendidikan akidah yaitu umat Islam selalu meminta petunjuk kepada al-Qur’an tetapi syahwatnya di perturutkan kepada yang tidak baik. Penyimpangan nilai Pendidikan ibadah, seperti umat Islam sibuk dengan pekerjaannya, sehingga mudah meninggalkan shalat lima waktu dan tidak sempat bangun tahajjud di malam hari karena kelelahan. Penyimpangan nilai Pendidikan akhlak, seperti banyak manusia yang tidak sabar dalam kehidupan sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, begitu juga umat Islam melihatkan auratnya, melihatkan hidup yang serba mewah dengan membeli barang-barang haram, seperi minuman keras dan narkoba yang dilakukan mereka ditelevisi maupun media sosial sehingga ditiru oleh masyarakat padahal yang diikutinya itu adalah prilaku orang yang berdosa dan kafir. Dengan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam surat al-Sajadah membuktikan betapa besarnya keagungan Allah dengan nilai-nilai yang begitu indah bagi manusia. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana nilai-nilai Pendidikan Islam dalam surat al-Sajadah. Dan difokuskan pada nilai Pendidikan akidah yang terdapat dalam surat al-Sajadah, nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah, dan nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research, yang fokus pada mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka. Penelitian kepustakaan adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Untuk mengetahui nilai pendidikan Islam tersebut, metode tafsir yang digunakan adalah metode tafsir maudhu’i atau yang disebut dengan metode tematik. Metode maudhu’i adalah metode yang menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema tertentu. Dalam hal ini berkaitan dengan nilai Pendidikan akidah yang terdapat dalam surat al-Sajadah, nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah, dan nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah. Adapun hasil telahan dan analisis, serta pengolahan data dari berbagai sumber, maka diperoleh hasil bahwa nilai Pendidikan akidah dalam surat al-Sajadah ayat 1, 2, 3, dan 4 adalah Manusia diwajibkan untuk meyakini Allah, dan al-Qur’an. Dengan akidah yang kuat kepada Allah, dan menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman maka kentraman dalam hidup akan didapatkan bagi manusia. Nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-Sajadah ayat 15, 16 dan 24 adalah Manusia yang baik akan menghasilkan akhlak yang baik, diantaranya sifat yang rendah hati, istiqomah, dermawan, dan sabar. Nilai Pendidikan ibadah yang terdapat dalam surat al-Sajadah ayat 17 dan 19 adalah ibadah merupakan bentuk penghambaan dan pendekatan diri manusia terhadap Allah. Manusia yang senantiasa ikhlas beribadah karena Allah akan mendapatkan ketenangan serta balasan surga.
id IOS4533.1325
institution Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1263
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol
library_id 1102
collection Repository UIN Imam Bonjol
repository_id 4533
city Padang
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4533
first_indexed 2020-01-16T03:40:07Z
last_indexed 2020-01-16T03:40:07Z
recordtype dc
_version_ 1686137754974420992
score 17.538404