Daftar Isi:
  • Resda Erni NIM: 1314070203Penerapan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Iman Bonjol Padang, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, masih banyak yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya dalam pembelajaran masih didominasi oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran,selain itu pendidik kurang menggunakanmedia yang bervariasi dalam pembelajaran. Permasalahan di atas dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan media konkret.Penelitian ini dibatasi pada peningkatan hasil belajar dengan menerapkan media konkret pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menerapkan media konkret pada peserta didik kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan media konkret di kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.Manfaat media konkret secara teoritis untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik dan bervariasi dalam pembelajaran IPA di SD. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, peserta didik, pendidik, dan bagi kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Desain, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan data hasil belajar IPA yaitu dengan menghitung efektifitas treatment dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 31,81 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 81,82. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 6,50 dan t tabel = 1,72, sehingga disimpulkan t hitung > t tabel (6,50 >1,72) . Berarti perubahan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menerapkan media konkret pada pembelajaran IPA peserta didik kelas III SDN 37 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.