TRACER STUDY EKSISTENSI ALUMNI PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MAZHAB FAKULTAS SYARI’AH UIN IMAM BONJOL PADANG DALAM DUNIA KERJA

Main Author: Elfia, -
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Syari'ah , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinib.ac.id/11419/1/Laporan%20Penelitian.pdf
http://repository.uinib.ac.id/11419/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melacak dan menelusuri keberadaan alumni Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol padang dalam dunia kerja. Metode pelacakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tracer study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Prodi perbandingan Mazhab, Profesi yang digeluti oleh alumni Prodi Perbandingan Mazhab, Masa Tunggu Alumni, Relevansi Prodi Perbandingan Mazhab dengan Kebutuhan Pasar dan Tanggapan Stakeholder terhadap Alumni Prodi Perbandingan Mazhab. Dalam pelacakan yang dilakukan didapatkan data bahwa sejak berdiri Program Studi Perbandingan Mazhab tahun 1989 sampai angkatan yang menyelesaikan studi tahun 2018, tercatat Prodi Perbandingan Mazhab memiliki alumni sebanyak 474 alumni. Adapun yang terlacak berjumlah 103 alumni setara dengan 22 %. Berdasarkan data yang diperoleh, profesi yang geluti alumni secara umum dapat memenuhi profil yang dirumuskan oleh Prodi Perbandingan Mazhab, di antaranya sebagai mufti, advokat dan praktisi hukum. Sedangkan dari profesi alumni yang tersebar dalam berbagai dunia kerja, diperoleh data bahwa persentase alumni yang berprofesi sebagai Kepala KUA/Penyuluh Agama (di Lingkungan Kementerian Agama) paling tinggi yaitu 15%. Alumni yang berprofesi sebagai praktisi hukum seperti hakim dan advokat sebanyak 4%. Masa tunggu kerja bagi alumni, rerata satu tahun karena persaingan yang semakin tinggi dalam dunia kerja. Penilaian stakeholder terhadap alumni Prodi Perbandingan Mazhab secara umum memberikan penilaian yang baik, walaupun dalam beberpa hal perlu penguatan keilmuan lain bagi alumni Prodi Perbandingan Mazhab. Kata Kunci : Eksistensi, Tracer Study, Alumni.