Daftar Isi:
  • Masroni Nim 1514080015 Pengembangakn Pocket Book Fisika Berbasis Discovery Learning dengan Mind Mapping untuk Mengembangkan Kreativitas dan Pemahamaman Konsep Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2020 131Halaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas dan pemahaman konsep peserta didik karena keterbatasn sumber belajar yang tersedia dengan mengunakan pendekatan saintifik. Kreativitas dan pemahaman konsep sangat dibutuhkan untuk bersaing di Era global abad ke-21. Sumber belajar yang disediakan sekolah pada umumnya berupa buku paket yang berukuran tebal dengan materi yang relatif panjang sehinga membuat peserta didik malas membawa dan membacanya. Peserta didik lebih suka sumber belajar yang simple praktis, bewarn dan mudah untuk dibawa. Oleh itu perlu dikembangkan sumber belajar dalam bentuk pocket book berbasis discoveri learning dengan mind mpping untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: Preliminary research, Development of prototype phase, dan Assesment phase. Pada tahap Preliminary research dilakukan analisis kebutuhan dan analisis literatur. Pada tahap pengembangan prototype, dilakukan perancangan terhadap pocket book fisika berbasis discovery learning dengan mind mapping yang terlebih dahulu divalidasi oleh 4 orang ahli. Dari aspek kelayakan isi, bahasa, media, penskoran mind mapping dan soal tes pemahaman konsep menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas pocket book diberikan kepada 2 orang pendidik dan 10 orang peserta didik didik fisika kelas XI MAN IPA 1 Pesisir Selatan. Uji efektivitas diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas XI MAN IPA 1 Pesisir Selatan. Analisis data angket validitas dan parktikalitas secara deskriptif, sedangkan penskoran mind mapping dan data tes hasil belajar untuk melihat kreativitas dan pemahaman konsep pesera didik.