Fungsi forum komunikasi diniyah takmiliyah (FKDT) dalam mengembangakan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (MDTA) di kota padang
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tesis ini berjudul “Fungsi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Dalam Mengembangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kota Padang”. Disusun oleh Edy Oktafiandi, BP.088121742. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Adapun masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah Aktivitas FKDT dalam mengembangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di kota Padang, Fungsi FKDT Kota Padang sebagai Wadah pemberdayaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Wadah silaturrahim, Wadah koordinasi, Wadah konsultasi, Wadah interaksi antar diniyah, dan Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ( MDTA ) di kota Padang oleh FKDT Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas FKDT dalam mengembangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di kota Padang, mengetahui Fungsi FKDT Kota Padang sebagai wadah pemberdayaan dan pengembangan SDM, wadah silaturrahim, wadah koordinasi, wadah konsultasi dan wadah interaksi antar diniyah, dalam mengembangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ( MDTA ) di kota Padang, dan untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ( MDTA ) di kota Padang oleh FKDT Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun lokasi penelitian adalah FKDT Kota Padang dengan sekretariat di Lantai II Mesjid Agung Nurul Iman Padang. Jenis dan sumber data diambil dari pengurus FKDT Kota Padang sebagai informan baik secara lisan maupun tulisan, informan tambahan yaitu Instansi terkait, seperti ASN Kementerian Agama Kota Padang, ASN Pemerintahan Daerah Kota Padang dan Kepala MDT serta majlis guru MDT di Kota Padang. Jumlah informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik snowball sampling. Untuk mendapatkan data-data tersebut, penulis melakukan tiga hal, yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data-data yang didapat kemudian dianalisis secara interaktif dan kontiniu. Aktivitas dalam analisis data yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian terungkap bahwa aktivitas FKDT dalam mengembangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kota Padang, yaitu dalam bidang keorganisasian, keagamaan, pendidikan, kesejahteraan guru, sosial, pengembangan minat dan bakat, dan bidang PHBI. Fungsi FKDT Kota Padang dalam pemberdayaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi guru-guru MDTA di Kota Padang, yaitu dengan melakukan pembinaan kepada guru-guru MDT Kota Padang, baik bidang metode pembelajaran, penguasaan materi kurikulum, dan pengembangan diri sebagai seorang guru. Sebagai wadah silaturrahmi antar guru-guru MDTA se Kota Padang. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk bisa mempererat hubungan silaturrahmi guru-guru MDTA se Kota Padang, diantaranya; kegiatan pertemuan Kepala MDTA se-Kota Padang pada acara Musyawarah Kerja Kepala MDTA (MK2MDT), kegiatan berbuka bersama pada bulan Ramadhan, menghadiri berbagai kegiatan yang dilaksanakan di MDTA dan di Kecamatan. Sebagai wadah koordinasi, yaitu dengan melakukan koordinasi secara internal kepada kepala dan guru MDTA, maupun pengurus FKDT Kecamatan dan Kota Padang. Juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Pemda Kota Padang, Dewan Masjid, dan lain-lain. Sebagai wadah konsultasi, yaitu menjadikan lembaga ini sebagai tempat berkonsultasi bagi anggota, menyangkut masalah-masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran di MDTA, dan masalah organisasi. Sebagai wadah interaksi antar diniyah maksudnya adalah menjadi lembaga ini sebagai tempat berinteraksi antar MDTA se Kota Padang. Baik dalam hal peningkatan kompetensi guru-guru MDTA se Kota Padang, maupun dalam hal peningkatan prestasi santri-santri MDTA se Kota Padang. Sedangkan faktor pendukung pengembangan MDTA di Kota Padang yaitu dengan adanya regulasi yang mengatur tentang pengelelolaan MDTA, yaitu Peraturan Menteri Agama RI No. 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam, dan Perda No.06 Tahun 2003 tentang wajib pandai baca tulis al-Qur’an bagi siswa SD/MI sederajat, dan faktor penghambatnya yaitu minimnya sarana dan pendanaan dalam pengelolaan MDT di Kota Padang.