Sosiologi Dakwah
Main Author: | welhendri, Azwar, M.Si, Ph.d |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Imam Bonjol Press
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinib.ac.id/10106/1/Sosiologi%20Dakwah%20Full.pdf http://repository.uinib.ac.id/10106/ |
Daftar Isi:
- Dakwah dalam konteks dahulu mungkin saja berbeda dengan sekarang meskipun substansi masalah yang berotasi dalam dunia sosial masyarakat sama. Kemandulan dakwah dalam konteks kekinian merupakan bias dari kealfaan “khalifah bumi” untuk berpedoman dari prinsip yang telah digariskan. Dakwah hari ini sering memperlihatkan diri hanya sebagai proyek. Proyek popularitas dan proyek kekayaan. Sangat aneh terdengar ketika da’i menentukan tarif untuk bertabligh, da’i eksis sebagai selebritis, dan da’i kondang sebagai penghibur umat. Karena itulah perlu interpretasi lebih dan lebih interpretatif mengenai makna dakwah. Dakwah bukan hanya milik mereka yang berstatus ahli di bidang ilmu dakwah sehingga yang lain dianggap “bercanda” jika menggunakan perspektif lain dalam menganilisis dakwah. Dakwah sangat terbuka untuk dikaji dengan berbagai bidang ilmu apapun, termasuk melalui analisis dan perspektif sosiologi. Buku ini hadir sebagai sebuah jawaban munculnya kegelisahan dan kegersangan di tengah belantara intelektual yang cenderung keceplosan dalam memaknai dakwah. Ilmu dakwah harus menyatakan kesiapan untuk dikaji melalui proses perdebatan yang terbebas dari sifat-sifat “rezim intelektual”-nya. Dengan cara ini ia akan mampu berdiri dengan angkuh menantang perdebatan kaum intelektual dalam pertarungan akademik. Inilah impian, yang mudah-mudahan akan terwujud, menuju lahirnya dahwah sebagai ilmu dengan konsep metodologisnya yang kuat dan kokoh. Buku ini muncul dan hadir dihadapan pembaca sebagai hasil diskusi dan perdebatan di “palanta” akademis yang menyisakan banyak “duel paradigma” mengenai kehadiran komplesitas kajian dakwah. Berawal dari diskusi panjang meluruskan apa yang seharusnya, dan dari apa yang terjadi, akhirnya buku ini hadir, dan diharapkan akan menjadi salah satu bahan kajian lanjutan untuk studi sosiologi dakwah berikut, meskipun buku ini tidak hanya untuk menjawab persoalan itu. Terlebih, diharapkan, buku ini mudah-mudahan bermanfaat untuk diketahui isinya oleh“masyarakat dakwah”.