EVALUASI KINERJA DIVISI ICT FINANCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IT BALANCED SCORECARD PADA MODUL SAP FINANCIAL ACCOUNTING STUDI KASUS: PT. XYZ
Main Author: | Rasyidi, Nadia Bella Gustiani; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/939 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan melakukan evaluasi terhadap kinerja divisi ICT – Finance. Objek penelitian adalah PT. XYZ yang bergerak dibidang layanan jasa transportasi udara di Indonesia. Pengukuran evaluasi kinerja dilakukan dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard sebagai tolak ukur yang memiliki empat perspektif pengukuran. Keempat perspektif yang ada pada metode IT Balanced Scorecard yaitu Kontribusi Perusahaan, Orientasi Pengguna, Penyempurnaan Operasional dan Orientasi Masa Depan. Pengukuran akan menghasilkan ukuran strategis atau KPI (Key Performance Indicator) sebagai acuan indikator pengukuran. Hasil dari penelitan menunjukkan kinerja yang diukur berdasarkan empat perspektif masih belum balanced. Hasil masih ada perspektif yang menunjukkan ukuran strategis belum memenuhi target. Hal ini menandakan perlu adanya peningkatan kinerja divisi ICT – Finance PT. XYZ pada perspektif yang memiliki penilaian masih dibawah target. Kata Kunci: IT Balanced Scorecard, KPI, SAP – FI. This study aimed to measure and evaluate the performance of ICT finace division. The object of this research is PT. XYZ, the field of the company in air transportation services in Indonesia. Performance evaluation is measure using IT Balanced Scorecard which is has four perspective that exist. The four perspective are company contribution, user orientation, operational excellence, and future orientation. Measurements will generate strategic measures or KPIs (Key Performance Indicator) as a reference measurement indicator. The results of the research indicate that performance is measured based on the four perspectives are still not balanced. The results still show the size of the strategic perspective has not met the target. This indicates a need to increase the performance of ICT - Finance division in PT. XYZ which has a valuation perspective is still below the target. Key Words: IT Balanced Scorecard, KPI (Key Performance Indcator), SAP - FI. Daftar PustakaAhmadin, Yudhiansyah. (2010). Pengukuran Tingkat Dukungan Teknologi Informasi Pada Direktorat Transportasi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Direktorat Jenderal Pajak dengan Menggunakan IT Balanced Scorecard. Jakarta: Universitas Indonesia. Effendi Arief (2009). The Power of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi. Hal 1-7. Salemba Empat, Jakarta. Eri Irawan, Soni. (2012). Evaluasi Implementasi Enterprise Resource Planning dengan Pendekatan Metode IT Balanced Scorecard pada PT. PINDAD (Studi Kasus : SAP Modul Material Manajemen Pada FungsiPengadaan). Bandung: STMIK LPIKIA. Kaplan, R. and Norton, D.P. (2002) "Using the balanced scorecard as a strategic management system," Harvard Business Review. January-February 1996a, pp. 75-85. Kaplan, R.S dan Norton, D.P. (2004). Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Erlangga, Jakarta. Mulyadi. (2009). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard, edisi ke-2. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta. Pratiwi, R.P., 2009. Penerapan SMART System Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus: Pada UKM Hentoro Leather). Pratono, Daniel dkk. (2005). Pengukuran Kinerja Divisi IT dengan Metode IT Balanced Scorecard Pada PT Pertamina (Persero).Jakarta: Universitas Bina Nusantara. Rustiyana, Suhono H.S. (2007). Penyusunan Pengukuran Kinerja TI Pada Perusahaan Menggunakan IT BSC dengan Kerangka COBIT. Bandung: Institut Teknologi Bandung. SAP. (2012). Helping The World Run Better. Annual Report. Saragih, Hoga dan Harisno (2014). Rencana Strategis Teknologi Informasi dan Sistem Informasi pada Proses Bisnis Perusahaan.Hal 31-44. Graha Ilmu, Jakarta. Suryana. (2010). MetodologiPenelitian Model Praktis Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Selig, Gad J. Implementing IT Governance A Practical Guide to Global Best Practices in IT Management. Page 5-7, First Edition, Second Impression 2009. Van Grembergen,W. Introduction to the Minitrack IT Governance and Its Mechansims,Proceedings of the 35th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), 2003.