Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan dalam menggunakan Operator Seluler IM3
Main Author: | Rivan, yovi; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2014
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/698 |
Daftar Isi:
- viANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAMMENGGUNAKAN OPERATOR SELULER IM3Yovi Rivan1ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dankualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan Operatorseluler IM3. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapadominannya pengaruh yang ditimbulkan oleh kualitas produk dan kualitaspelayanan dalam mencapai suatu kepuasan pelanggan. Data yang diperolehdalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebar kuesioner kepada 100responden, wawancara serta dengan melakukan observasi lapang. Teknikanalisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linearberganda dengan bantuan perangkat lunak versi 17.0 dengan metode enter.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitaspelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terlihat daridata yang telah diolah dimana kecenderungan konsumen dalam mencapaikepuasan, mereka akan memperhatikan kualitas dari produk yang ditawarkanserta pelayanan yang diberikan.Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Operator Seluler IM31Mahasiswa Program StudiManajemen Universitas BakrieANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAMMENGGUNAKAN OPERATOR SELULER IM3Yovi Rivan2ABSTRACTThis study aimed to analyze the effect of product quality and service quality tocustomer satisfaction in using the IM3 celluler carrier. This study also aims todetermine the effect dominancy caused by the product quality and servicequality in achieving customer satisfaction. The data obtained in this study isprimary data collected by spreading questionnaires to 100 respondents,interviews and field observations. The analysis technique used in this study ismultiple linear regression analysis using software version 17.0 with the entermethod.The result of this study indicate that the product quality and service qualitygreatly affect customer satisfaction. This result is assumed in the processed datawhich reflected the customer trends in paying attention to the offered productquality and service quality in order to achieve satisfaction.Keywords : Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, IM3 Cellularcarrier2Student of Bakrie University, Management Major