PENERAPAN CITIZEN JOURNALISM PADA MEDIA ONLINE MAINSTREAM (Studi Kasus pada Media Warga Kompasiana.com dan PasangMata.com)
Main Author: | Muttaqin, Umar Imamul; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2014
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/691 |
Daftar Isi:
- Perkembangan media baru (internet) dan lahirnya gerakan jurnalisme warga (citizen journalism) menghadirkan sebuah tren baru di kalangan masyarakat, yaitu menulis melalui blog. Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh jurnalis warga saat ini ternyata menarik perhatian media online mainstream. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik penerapan citizen journalism yang dilakukan oleh media online mainstream, dan pemanfaatan media warga sebagai alat untuk mencari keuntungan. Dirangkulnya jurnalis warga oleh media online mainstream dianggap syarat dengan kepentingan ekonomi para pemilik media yang berkaitan erat dengan kebutuhan untuk memperoleh keuntungan. Penelitian ini menggunakan kajian ekonomi politik media oleh Vincent Mosco untuk mencapai tujuan. Ekonomi politik mencakup komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Penelitian ini dilakukan pada media warga Kompasiana.com dan PasangMata.com yang merupakan hasil intergrasi vertikal media online mainstream Kompas.com dan Detik.com. Sebagai sebuah studi kualitatif, penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi sebagai sumber data. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa media online mainstream dalam merangkul jurnalis warga pada media warga didasari oleh faktor ekonomi perusahaan. Jurnalis warga dalam hal ini menjadi komoditas bagi media warga dan pengiklan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan sebaiknya penelitian selanjutnya dilakukan pada media warga yang lain. Kata Kunci: citizen journalism, media online mainstream, ekonomi politik media