Representasi Mitos Gaya Hidup Dalam Iklan (Analisis Semiotika Barthes pada Iklan Kopi Kapal Api Special Versi “Suka Yang Hitam”)
Main Author: | Yusuf, Rizaldy; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2014
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/603 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada permainan tanda yang kerap ada dalam iklan untuk menyampaikan pesan. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk melihat permainan tanda dalam merepresentasikan mitos gaya hidup pada iklan Kapal Api Special versi “Suka Yang Hitam”. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini utamanya menggunakan teori semiotika Roland Barthes, didukung teori tiga pendekatan representasi dan teori representasi Fiske. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Barthes dengan perangkat mengenai denotatif, konotatif, dan mitos. Data primer penelitian ini berupa teks iklan dan didukung data sekunder berupa hasil wawancara dengan praktisi periklanan, pengamat budaya media dan iklan, dan penonton. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Temuan utama dari penelitian ini antara lain: dalam tingkatan denotatif, iklan kopi Kapal Api Special versi “Suka Yang Hitam” hanya menampilkan kelebihan produk. Akan tetapi, secara konotatif, iklan ini menunjukkan gaya hidup mewah yang menggeser makna minum kopi menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan status sosial. Iklan ini merepresentasikan mitos kemewahan sebagai bentuk gaya hidup modern yang terpengaruh ideologi budaya barat. Berdasarkan hal ini semua, ada baiknya sebuah kajian yang melihat dampak iklan ini terhadap audiens dan analisis terhadap alat komunikasi pemasaran lain yang bersifat in line dilakukan sebagai pengembangan kajian di bidang periklanan. Kata kunci: representasi, mitos, gaya hidup, semiotika, iklan