Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada bisnis online PT. MMBC Tur dan Travel

Main Author: Hussein Sitanggang, Friendly Bakhtiar; Universitas Bakrie
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Bakrie , 2014
Online Access: http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/557
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas layanan, dan kepercayaan pada usaha tiket online pada PT. MMBC Tour and Travel terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena bisnis tiket online yang menyebar luas karena usaha ini sangat mudah untuk didirikan. Hal ini menyebabkan persaingan usaha pada perusahaan travel semakin meningkat. PT. MMBC Tour and Travel diambil sebagai tempat untuk studi kasus. Data primer dan data sekunder digunakan sebagai sumber data di dalam penelitian ini. Data sekunder diambil dari berbagai jurnal, buku, dan publikasi lainnya. Data primer diambil dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada pelanggan dari PT. MMBC Tour and Travel melalui aplikasi online. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh data sebanyak 200 responden. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat online, sementara kualitas pelayanan dan kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tiket pesawat online. Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Tiket Pesawat, Pembelian Online.