Rencana Pengembangan Bisnis Konveksi HEUREUX dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Stratejik
Main Author: | Ningrum, Retno Ayu Kusuma; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2013
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/343 |
Daftar Isi:
- Rencana pengembangan bisnis ini bertujuan untuk menjelaskan, menganalisis, dan menyajikan tingkat kelayakan bisnis HEUREUX; suatu usaha kecil yang bergerak di industri fesyen dengan memproduksi dan memasarkan produk fesyen berupa pakaian dengan sistem konveksi, yaitu produksi pakaian dalam jumlah yang besar. Rencana pengembangan ini juga bertujuan untuk memberikan contoh aplikasi teori model bisnis ke dalam bisnis yang fokus pada produksi pakaian dalam jumlah yang besar untuk skala menegah. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan studi pustaka dan tes pasar (preliminary market test). HEUREUX merupakan perusahaan produsen pakaian yang berbasis di Bandung dengan fokus memproduksi dan memasarkan produknya dengan menggunakan sistem konveksi. HEUREUX memiliki visi ingin menguasai pasar di Indonesia Timur. Usaha ini sendiri merupakan bisnis yang telah berjalan sejak akhir 2011. Sedangkan rencana pengembangan bisnis ini menjelaskan tentang pengembangan bisnis HEUREUX pada tahun 2014, 2015, dan 2016. Rencana utama yang akan dilaksanakan adalah membuat kantor tetap dan dapur konveksi mandiri di Kota Makassar. Pada akhir tahun 2016, HEUREUX diproyeksikan untuk menghasilkan nilai NPV sebesar Rp 603,629,449 dan payback period 0,306 tahun atau setara dengan 111 hari. Maka dari itu, rencana pengembangan bisnis HEUREUX dapat dianggap layak untuk dilaksanakan. Kata kunci: Rencana pengembangan bisnis, konveksi, usaha kecil