Pengaruh Persepsi Kualitas dan Pengaruh Anak-Anak terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji

Main Author: Nurmala, Yhanth; Universitas Bakrie
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Bakrie , 2012
Online Access: http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/155
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi kualitas makanan dan pengaruh anak-anak terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji di Jakarta. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 225 responden dengan usia 12 sampai 15 tahun yang mengkonsumsi makanan cepat saji dalam bulan terakhir. Pengumpulan data menggunakan kuesioner teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana dan berganda menunjukkan persepsi kualitas makanan dan pengaruh anak-anak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi kualitas makanan dan pengaruh anak-anak memberikan kontribusi sebesar 37% dalam memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian dengan analisis keragaman menunjukkan pada variabel persepsi kualitas makanan terdapat perbedaan keragaman dari kelompok tingkatan kelas, tempat tinggal, dan uang saku. Pada variabel pengaruh anak-anak terdapat perbedaan keragaman pada kelompok jumlah saudara kandung dan jenis makanan. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian makanan cepat saji terdapat perbedaan keragaman pada kelompok tingkatan kelas, tempat tinggal, jumlah saudara kandung, dan jenis makanan.