Rencana Bisnis Pengembangan Ida's Tour and Travel
Main Author: | Pradnyani, Ida Ayu Mira; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/1225 |
Daftar Isi:
- Rencana bisnis ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, serta mengembangkan strategi bisnis Ida’s Tour and Travel Denpasar terkait dengan inovasi produk paket wisata baru dengan sistem inbound atau kedalam negeri dan outbound atau keluar negeri. Rencana bisnis ini menggunakan analisis pada empat aspek studi kelayakan bisnis yaitu produk / servis, industri / pasar, organisasi, dan keuangan. Rencana bisnis ini menjelaskan tentang bagaimana Ida’s Tour and Travel akan membangkitkan kembali usahanya yang sudah berdiri sejak tahun 1978 dengan menawarkan paket wisata keluar negeri yaitu ke Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, Jepang, Korea, dan menambah destinasi wisata dalam negeri ke Jungle Series Bogor, Jakarta, dan Bandung. Diharapkan rencana bisnis yang dihasilkan dapat membantu pengembangannya di tahun 2016 sampai dengan 2020. Pada rencana pengembangan bisnis Ida’s Tour and Travel ini pada akhir tahun 2020 diproyeksikan untuk menghasilkan NPV sebesar Rp60,868,500 per bulan dengan payback period 3 bulan dan IRR sebesar 162,1454%. Rencana bisnis ini menunjukan bahwa pengembangan bisnis yang dilakukan menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Kata Kunci: Rencana Bisnis, Ida’s Tour and Travel, Inovasi Produk Paket Wisata, Studi Kelayakan Bisnis The business plan aims to identify, analyze, and develop Ida's Tour and Travel business strategies which is related to new product innovations on tour packages both domestically or inbound and internationally or outbound. This business plan analyze four aspects of the business feasibility, namely product / service aspect, industry / market aspect, organizational aspect, and financial aspect. The business plan describes how Ida's Tour and Travel will revive its business that has been established since 1978 by offering international tour packages to countries like Singapore, Malaysia, Thailand, Hong Kong, China, Japan, Korea, and also add some domestic tourist destinations such as the Jungle Series Bogor, Jakarta, and Bandung. The result of business plan is expected to help development in 2016 until 2020. On the business development plan, Ida's Tour and Travel is projected to generate NPV of Rp60,868,500 in one month with a payback period of 3 months and IRR of 162,1454%. This business plan shows that the business development is considered profitable and feasible. Keywords: Business Plan, Ida's Tour and Travel, Tour Package Product Innovation, Business Feasibility Study DAFTAR PUSTAKA Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA). (2015). DPD ASITA Bali Members. Retrieved from www.asitabali.org: http://www.asitabali.org/asita_member.php Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (2015). Jumlah Kepala Keluarga di Bali Tahun 2015. Retrieved from www.pk.bkkbn.go.id: http://pk.bkkbn.go.id/felisa/Default.aspx?ProvinsiID=17&map=510000 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (2011, Februari 11). Peta Sebaran Jumlah Sekolah. Retrieved from www.geospasial.bnpb.go.id: http://geospasial.bnpb.go.id/wp-content/uploads/2011/04/2011-02-10_Peta_Jumlah_Sekolah2.pdf Badan Pusat Statistik (BPS) Bali. (2015). Proyeksi Penduduk Provinsi Bali Menurut Kelompok Usia dan Jenis Kelamin. Retrieved from www.bali.bps.go.id: http://bali.bps.go.id/tabel_detail.php?ed=604004&od=4&id=4 Badan Pusat Statistik (BPS). (2014). Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Pintu Masuk, 1997-2014. Retrieved from www.bps.go.id: http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1387 Bahar, A. (2014, Juni 6). Pariwisata Jelang MEA, Jumlah Biro Perjalanan Terus Melonjak. Retrieved from www.koran.bisnis.com: http://koran.bisnis.com/read/20140606/250/233757/pariwisata-jelang-mea-jumlah-biro-perjalanan-terus-melonjak Barringer, B. R., & Ireland, R. D. (2009). Entrepreneurship: Successfully Launching New Ventures (Third Edition ed.). Pearson Education. Damardjati, R. S. (n.d.). Definis, Tugas & Perbedaan Biro Perjalanan Wisata dengan Agen Perjalanan Wisata. Retrieved from www.pariwisatadanteknologi.blogspot.com: http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/06/definisi-tugas-perbedaan-biro.html Definisi Institusi Pendidikan Menurut Peraturan Pemerintah No 66/2010. (2011, Januari 8). Retrieved from www.rahmatap.blogspot.com: http://rahmatap.blogspot.com/2011/01/definisi-institusi-pendidikan-menurut.html Google Trends. (n.d.). Bisnis Tour and Travel pada Google Trends. Retrieved from www.google.com: http://www.google.com/trends/explore#q=bisnis%20travel Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Retrieved from http://fadhilanalisis.blogspot.com/2011/10/analisis-laporan-keuangan.html Jasatama Wisata. (n.d.). Paket Wisata Jungleland. Retrieved from www.jasatamawisata.com: http://www.jasatamawisata.com/paket-wisata/wisata-domestik/paket-wisata-jungleland Jumlah Perguruan Tinggi di Bali. (n.d.). Retrieved from www.daedi.com: http://daedi.com/pt/daftar-perguruan-tinggi-di-bali/ Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif . (2012, Maret 2). Rekapitulasi Usaha Jasa Perjalanan Wisata Berskala Menengah dan Besar. Retrieved from www.kemenpar.go.id: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/file/BPW%20APW%202007%20-%202011.pdfKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2014, September 8). Perkembangan Wisatawan Nasional tahun 2009 - 2013. Retrieved from www.kemenpar.go.id: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/file/C_1%20Perkembangan%20Wisnas%202009%20-%202013.pdf Kotler. (1997). Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran). Retrieved from http://azumy-azimah.blogspot.com/2014/08/strategi-marketing-mix-bauran-pemasaran.html Kotler, P., & Armstrong, G. (2013, Juni 10). Bauran Pemasaran Menurut Kotler dan Armstrong. Retrieved from www.cahtelaga.blogspot.com: http://cahtelaga.blogspot.com/2013/06/bauran-pemasaran-menurut-menurut-kotler.html Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. . In Segmenting, Targeting, and Positioning (Five Edition ed.). Miller, A. (1996). Strategic Management: Five Forces Model Analysis. Retrieved from www.quickstart-indonesia.com: http://quickstart-indonesia.com/five-forces-model/ PPM Manajemen. (2012). Penerapan Business Model Canvas. Retrieved from www.ppm-manajemen.ac.id: http://ppm-manajemen.ac.id/wp-content/uploads/Penjelasan-singkat-BMC.pdf Scarborough, Norman. R. (2014). Essentials Of Enterpreneurship and Small Business Management (Seventh Edition ed). New Jersey: Pearson Education Inc. Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta, Salemba Empat. Tempo. (2014, Maret 6). Pariwisata Indonesia Lampaui Pertumbuhan Ekonomi. Retrieved from http://www.tempo.com: http://travel.tempo.co/read/news/2014/03/06/202559869/pariwisata-indonesia-lampaui-pertumbuhan-ekonomi United Nations World Tourism Organization (UNWTO). (2013). World Tourism Rankings. Retrieved from www.wikipedia.org: https://en.wikipedia.org/wiki/World_Tourism_rankings