ANALISIS PENGARUH HARGA DISKON DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MINYAK GORENG DALAM KEMASAN
Main Author: | Elisa, Martin; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/110 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga diskon dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk minyak goreng dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari 212 yang berada pada kawasan Rasuna Epicentrum. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa variabel harga diskon dan kemasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk minyak goreng dalam kemasan. Berdasarkan analisis korelasi, variabel kemasan merupakan variabel yang memiliki hubungan lebih kuat terhadap keputusan pembelian kosumen produk minyak goreng kemasan dibandingkan dengan variabel harga diskon. Berdasarkan uji secara simultan, variabel harga diskon dan kemasan memiliki pengaruh yang simultan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen minyak goreng dalam kemasan. Uji korelasi antara variabel harga diskon dan kemasan terhadap keputusan pembelian menunjukkan hubungan pada tingkatan sedang. Kata kunci: harga diskon, kemasan, keputusan pembelian