Studi Resepsi Khalayak Konsumen Terhadap Pesan Peringatan Bahaya Merokok Dalam Iklan dan Kemasan Rokok
Main Author: | Putra Riyadi, Atarrahim Iqbal; Universitas Bakrie |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Bakrie
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/1013 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya beberapa jenis peringatan bahaya merokok berupa gambar menyeramkan yang hadir dalam iklan dan kemasan rokok terbaru. Beberapa di antaranya adalah gambar kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, dan bahkan ada salah satu gambar yang menghadirkan bayi dalam kemasan rokok. Penelitian ini bertujuan untuk memahami resepsi perokok terhadap pesan peringatan bahaya merokok dalam iklan maupun kemasan produk rokok, serta memahami peran wacana sosial dan media yang memengaruhinya. Menggunakan pendekatan studi resepsi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen, peneliti menemukan bahwa gambar peringatan bahaya merokok yang ada dalam iklan dan kemasan dimaknai berbeda oleh khalayak konsumen yang merupakan perokok aktif. Meskipun informan memaknai berbeda, namun mereka meresepsinya dengan gaya sama yakni negotiated code. Wacana keluarga dan media sangat berperan sebagai referensi resepsi, sementara pedagang ikut berperan dalam mengurangi efek seram pada iklan dan kemasan produk rokok dengan menutupi gambar peringatan tersebut. Kata kunci: Studi Resepsi, Khalayak Konsumen, Pesan Peringatan, Makna, Iklan dan Kemasan Rokok This research is based on the presence of many kinds of smoking warning which contain disturbing pictures in advertising and cigarette new packaging. Some are the picture of lung cancer, throat cancer, mouth cancer, and even one picture that presents baby on cigarette packaging. This study aims to understand the smokers reception towards the dangers of smoking warning messages in advertising and packaging of cigarette products as well as understanding the role of social and media discourses in influencing the receptions. Using reception studies approach with data collection through in-depth interview and document searches, researcher found that the warning pictures interpreted differently by consumer audiences who are the active smokers. Eventhough they interpret differently, they have the same style of reception, namely ‘negotiated code’. Family discource and the media play an important role as references of reception, while traders play a role in reducing the spooky effect of warning visuals on packaging by covering it with stickers. Keywords: Reception Study, Consumer Audience, Warning Message, Meaning, Advertising and Cigarettes Packaging DAFTAR PUSTAKABuku Alasuutari, Pertti (1999). Rethinking the Media Audience. London: Sage publication. Durham, Meenakshi Gigi dan Douglas M Kellner (2001). Media and Cultural Studies. UK: Blackwell publishing Eriyanto (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS. Silalahi, Ulber (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. Jurnal dan Prosiding Liem, Andrian (2014). Pengaruh Media Massa, Keluarga, dan Teman terhadap Perilaku Merokok Remaja di Yogyakarta. Makara Hubs-Asia, Vol. 18, No. 1, hal. 41-52 Putra, R. M. S. (2011). Makna di Balik Teks Dayak Sebagai Etnis Headhunter. Journal Communication Spectrum, Vol. 1, No. 2, hal. 109-126 Schuster, Camille P dan Christine Pacelli Powell (1987). Comparison of Cigarette and Alcohol Advertising Controversies. Journal of Advertising. Vol. 16, No. 2, hal. 26-33 Widiastuti, Tuti (2012). Analisis Sosiologi Media Pada Konstruksi Berita Bernuansa Pornografi. Journal Communication Spectrum, Vol. 2, No. 2, hal. 133-150 Wijaya, B. S. (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies. Vol. 5, No. 1, hal. 73-85. Wijaya, B. S. (2015). Desire and Pleasure in the Branded Reality Show as a Discursive Psychoanalysis. Jurnal Humaniora, Vol. 27, No. 1, hal. 27-41 Zhao, Xiaoquan, Emily B. Peterson, Wonsun Kim dan Justin Rolfe-Redding (2014). Effects of Self-Affirmation on Daily versus Occasional Smokers’ Responses to Graphic Warning Labels. Communication Research. Vol. 41, No. 8, hal. 1137-1158 Paper, Skripsi dan Tesis Fajriah, Nurlaelatul (2011). Analisis Semiotik Film Cin(T)a Karya Samaria Simanjuntak. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Kurniadi, Baskoro dan RA.Retno Kumolohadi (2005). Hubungan Antara Sikap Terhadap Label Peringatan Bahaya Merokok pada Kemasan Rokok dengan Intensi Berhenti Merokok. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Nurlailah, Neneng (2010). Hubungan Antara Persepsi Tentang Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Dengan Tipe Perilaku Merokok. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Wijaya, Bambang Sukma (2009). Produksi Pesan Iklan Ambient Media dalam Konteks Komunikasi Berasa: Sebuah Studi Eksploratoris. Tesis Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta. Publikasi Elektronik Ariyanti, Fiki (2013, 4 Juni). RI Produksi 332 Miliar Batang Rokok Tahun Ini. Diakses pada 15/10/2014. Tersedia di: http://bisnis.liputan6.com/read/603799/ri-produksi-332-miliar-batang-rokok-tahun-ini Dokita, Bahaya Merokok Bagi Kesehatan. Diakses pada 15/10/2014. Tersedia di: http://dokita.co/blog/bahaya-merokok-bagi-kesehatan/ Hafid, Hariandi (2014, 9 Januari). Perokok Pria Indonesia Terbanyak ke 2 di Dunia. Diakses pada 3/11/2014. Tersedia di: http://gaya.tempo.co/read/news/2014/01/09/060543467/perokok-pria-indonesia-terbanyak-ke-2-di-dunia Javanica, Zhirotheque (2012, 3 Oktober). Sejarah Industri Rokok di Indonesia. Diakses pada 15/10/2014. Tersedia di: https://zhirotheque.wordpress.com/2012/10/03/sejarah-industri-rokok-di-indonesia-1/. Kompas, Harian (2014, 3 September). 7 Bahaya Rokok bagi Perempuan. Diakses pada 15/10/2014. Tersedia di: http://health.kompas.com/read/2014/09/03/100804523/7.Bahaya.Rokok.bagi.Perempuan. Kusuma, Nadia (2013, Februari). Cigarette Industry: Regulation Update adn Its Implications to Industry Growth. Office of Chief Economist Industry Update Bank Mandiri hal. 23. Tersedia di http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/NCEQ17554887.pdfNeraca, Harian Ekonomi (2013, 26 Januari). Belanja Iklan Rokok Selalu Bertengger di Atas. Diakses pada 20/10/2014. Tersedia di: http://www.neraca.co.id/article/24239/Belanja-Iklan-Rokok-Selalu-Bertengger-di-Atas-Atasi-regulasi-Dengan-Kreatif Support Smoking-Free Environment (2014, 28 Agustus). Cigarretes Packing - Kemasan Rokok di luar negeri vs dalam negeri Diakses pada 25/06/2015. Tersedia di: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.140977072626362.25397.140545769336159. Wahyuningsih, Merry (2012, 18 Desember). Jumlah Kematian Akibat Rokok Sama dengan Korban Tsunami. Diakses pada 15/10/2014. Tersedia di: http://health.detik.com/read/2012/12/18/162548/2121616/763/jumlah-kematian-akibat-rokok-sama-dengan-korban-tsunami.