Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship”
Main Authors: | Rahadian, Miftah Fauzan, Suyatno, Addy, Maharani, Septya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mulawarman University
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/198 http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/198/pdf |
Daftar Isi:
- Finite State Machine (FSM)adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan), Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game “The Relationship”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machineuntuk menentukan respon karakter non-player characteryang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain.