Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship”

Main Authors: Rahadian, Miftah Fauzan, Suyatno, Addy, Maharani, Septya
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Mulawarman University , 2016
Subjects:
C#
Online Access: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/198
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/198/pdf
Daftar Isi:
  • Finite State Machine (FSM)adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan), Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game “The Relationship”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machineuntuk menentukan respon karakter non-player characteryang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain.