RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TEBAK LAGU NUSANTARA: SENARA

Main Authors: Setiawan, Setiawan, Astuti, Indah Fitri, Khairina, Dyna Marisa
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Mulawarman University , 2016
Online Access: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/130
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/130/pdf
Daftar Isi:
  • Game telah menjadi sebuah sarana hiburan yang paling banyak diminati masyarakat dari yang muda sampai yang tua belakangan ini. Inilah salah satu faktor yang mendorong banyak pengembang game berinovasi dengan produk-produk game yang menyasar para peminatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia game, khususnya game yang bersifat edukatif. Sisi edukatif dalam game ini berupa pelestarian lagu-lagu nusantara di Indonesia. Kumpulan lagu-lagu tersebut diambil dari kekayaan pulau-pulau di Indonesia. Dalam game ini pemain dapat menikmati lagu-lagu daerah sekaligus menambah pengetahuan dengan menebak nada yang didengar dengan judul lagu yang sesuai. Skor akan didapatkan berdasarkan jumlah tebakan lagu yang benar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah metode analisis yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui studi literatur dengan melakukan pencarian data melalui bukubuku teks ataupun sumber lainnya dan perbandingan game dengan game sejenis. Hasil yang dicapai dari penelitian ini ialah terselesaikanya pembuatan aplikasi game edukasi berbasis Android Tebak Lagu Nusantara : “Senara” menggunakan Adobe Flash. Game edukasi “Senara” berbasis Android ini diharapkan dapat menanamkan wawasan cinta tanah air dan kebudayaan daerah Indonesia.