Sistem Perangkingan Item Mobil pada E-Commerce Penjualan Mobil dengan Metode Random-Walk Base Scoring

Main Authors: Khairani, Sumi, Yasir, Amru, Yanti, Desi, Rahman, Sayuti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533
http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533/pdf
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-533
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Sistem Perangkingan Item Mobil pada E-Commerce Penjualan Mobil dengan Metode Random-Walk Base Scoring</title><creator>Khairani, Sumi</creator><creator>Yasir, Amru</creator><creator>Yanti, Desi</creator><creator>Rahman, Sayuti</creator><subject lang="en-US">Mobil, Random-Walk Base Scoring, E-commerce, Perangkingan Mobil.</subject><description lang="en-US">Konsumen yang ingin membeli mobil baru pada E-commerce penjualan mobil dalam menentukan pilihannya, tentu didasarkan pada beberapa kriteria yang dijadikan patokan dalam memilih mobil antara lain diminati konsumen, harganya bersaing, biaya perawatan murah, handal untuk banyak medan, dan sebagainya. Pemilihan terhadap mobil yang akan dibeli, ternyata tidaklah mudah bagi pembeli yang belum memahami seluk beluk mobil. Kesulitan dalam memilih mobil baru maka perlu suatu rujukan sebagai dasar pemikiran dalam memilih mobil baru. Sistem perangkingan menawarkan solusi untuk rujukan dalam memilih mobil baru. Pada penelitian ini penulis menerapkan metode Random-Walk Base Scoring dalam menyelesaikan persoalan. Persoalan bisa diselesaikan dengan menggunakan sistem perangkingan berdasarkan bobot tertinggi. Dimana konsumen dapat memberikan nilai terhadap item mobil tertentu dan memilih mobil dengan nilai tertinggi berdasarkan rekomendasi sistem. Aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Hasil pengujian didapatkan bahwa Pemberian nilai kepada produk sangat mempengaruhi hasil, semakin tinggi nilai yang diberikan kepada produk tersebut maka semakin tinggi pula kemungkinan produk berada pada urutan teratas atau disebut dengan rating tertinggi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-09-13</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533</identifier><identifier>10.30743/infotekjar.v3i1.533</identifier><source lang="en-US">InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan; Vol 3, No 1 (2018): InfoTekJar September; 12-19</source><source>2540-7600</source><source>2540-7597</source><source>10.30743/infotekjar.v3i1</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-533</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Khairani, Sumi
Yasir, Amru
Yanti, Desi
Rahman, Sayuti
title Sistem Perangkingan Item Mobil pada E-Commerce Penjualan Mobil dengan Metode Random-Walk Base Scoring
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2018
topic Mobil
Random-Walk Base Scoring
E-commerce
Perangkingan Mobil
url http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533
http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/533/pdf
contents Konsumen yang ingin membeli mobil baru pada E-commerce penjualan mobil dalam menentukan pilihannya, tentu didasarkan pada beberapa kriteria yang dijadikan patokan dalam memilih mobil antara lain diminati konsumen, harganya bersaing, biaya perawatan murah, handal untuk banyak medan, dan sebagainya. Pemilihan terhadap mobil yang akan dibeli, ternyata tidaklah mudah bagi pembeli yang belum memahami seluk beluk mobil. Kesulitan dalam memilih mobil baru maka perlu suatu rujukan sebagai dasar pemikiran dalam memilih mobil baru. Sistem perangkingan menawarkan solusi untuk rujukan dalam memilih mobil baru. Pada penelitian ini penulis menerapkan metode Random-Walk Base Scoring dalam menyelesaikan persoalan. Persoalan bisa diselesaikan dengan menggunakan sistem perangkingan berdasarkan bobot tertinggi. Dimana konsumen dapat memberikan nilai terhadap item mobil tertentu dan memilih mobil dengan nilai tertinggi berdasarkan rekomendasi sistem. Aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Hasil pengujian didapatkan bahwa Pemberian nilai kepada produk sangat mempengaruhi hasil, semakin tinggi nilai yang diberikan kepada produk tersebut maka semakin tinggi pula kemungkinan produk berada pada urutan teratas atau disebut dengan rating tertinggi.
id IOS4523.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-533
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)
repository_id 4523
subject_area Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer
Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
Algorithms/Algoritma
Computer Security, Data Security/Keamanan Komputer, Keamanan Data
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4523
first_indexed 2019-05-07T11:28:09Z
last_indexed 2019-05-07T11:28:09Z
recordtype dc
_version_ 1686136660455063552
score 17.538404