Pengembangan Panduan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pembimbing Melaksanakan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dalam Rangka Pembentukan Karakter Siswa SMA

Main Author: Wenny Hulukati
Format: Penelitian
Terbitan: , 2015
Subjects:
Dan
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/riset/show//986/pengembangan-panduan-untuk-meningkatkan-kompetensi-guru-pembimbing-melaksanakan-pelayanan-bimbingan-dan-konseling-dalam-rangka-pembentukan-karakter-siswa-sma.html
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Gorontalo diperoleh data bahwa kegiatan pengembangan karakter siswa sebagai bagian penting dari pelaksanaan pendidikan di sekolah termasuk di SMA, belum terlaksana sebagaimana diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah bentuk pendidikan karakter di SMA yang dilaksanakan guru selama ini?, (b) Bagaimanakah panduan yang dapat meningkatkan kompetensi guru melaksanakan pendidikan karakter siswa SMA?. Dengan demikian tujuan penelitian tahap I (satu) ini meliputi: (a) Mengidentifikasi bentuk pendidikan karakter di SMA yang dilaksanakan guru selama ini, (b) Mengembangkan draft panduan pengembangan karakter siswa yang meliputi: (1) Panduan Guru, (2) Buku Siswa (dalam bentuk skenario komik), (3) Lembar Kerja Siswa, dan (4) Panduan Evaluasi. Pengembangan perangkat panduan ini mengacu pada prosedur peneltiian pengembangan menurut Borg and Gall (1983), yang teriri dari 5 langkah, yakni : (1) analisis produk awal yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, dan (4) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian ini direncanakan dilaksanakan 3 tahap.