Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Konstektual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Matematik Siswa Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Sarson W. Pomalato
Format: Penelitian
Terbitan: , 2015
Subjects:
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/riset/show//979/pengembangan-model-pembelajaran-matematika-berbasis-konstektual-untuk-meningkatkan-kemampuan-komunikasi-dan-kreativitas-matematik-siswa-siswa-sekolah-dasar.html
Daftar Isi:
  • Menghadapi tantangan masa depan dalam era globalisasi dan canggihnya teknologi komunikasi dewasa ini, menuntut individu untuk memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan yang harus dimiliki tersebut antara lain adalah kemampuan komunikasi dan kemampuan kreatif. Kedua kemampuan ini sangat penting, karena dalam kehidupan sehari-hari setiap orang selalu dihadapkan pada berbagai masalah yang harus dipecahkan dan menuntut kreativitas untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya serta membutuhkan kemampuan komunikasi untuk menjelaskan solusi yang ditemukan. Pada bidang pendidikan, kemampuan komunikasi dan kemampuan kreatif mendapat perhatian yang cukup besar. Hal ini terlihat dengan dimasukannya kedua kemampuan dimaksud pada berbagai komponen pendidikan, baik dalam kurikulum, strategi pembelajaran maupun perangkat pembelajaran lainnya. Upaya tersebut dimaksudkan agar supaya setiap kegiatan pendidikan atau pembelajaran, kepada siswa dapat dilatihkan keterampilan yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan kemampuan kreatif. Dengan demikian dunia pendidikan akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan SDM yang kreatif dan memiliki kemampuan komunikasi yang handal untuk menjalani masa depan yang penuh tantangan.