PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA KECIL INDUSTRI PENGOLAHAN PANGAN DI KOTA GORONTALO (STUDI KASUS PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH KUE KRAWANG DI KOTA GORONTALO)
Main Author: | UUT WAHYUNI SARMITA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/931414055/pengaruh-inovasi-produk-terhadap-keunggulan-bersaing-usaha-kecil-industri-pengolahan-pangan-di-kota-gorontalo-studi-kasus-pada-industri-kecil-menengah-kue-krawang-di-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Uut Wahyuni Sarmita. 931 414 055. 2018. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Industri Pengolahan Pangan di Kota Gorontalo. Di bawah bimbingan Supardi Nani SE, M.Si dan Yulinda Ismail, S.Pd., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inovasi produk terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Industri Pengolahan Pangan di Kota Gorontalo. Dengan populasi yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 410 unit industri kue krawang. Metode pengambilan sampel adalah Non probabilty dengan teknik yang dilakukan secara Purposive sampling sebanyak 62 sampel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui analis regresi linier sederhana. Hasil pengujian dalam penelitian ini melalui Instrumen validitas menunjukan rhitung > rtabel yaitu 0,3 artinya valid dan reliabilitas berada di atas 0,8 artinya sangat reliabel. Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi sederhana yaitu, ... = + b X = 18,643+0,719X . Hasil uji t menunjukkan bahwa tHitung untuk variabel Inovasi Produk diperoleh nilai thitung = 7.391 dengan tingkat Pvalue = 0,000, dengan menggunakan batas signifikan = 0,05 didapat ttabel (95% ; 62-1) sebesar 1,670. Dari hasil tersebut maka kriteria pengujian yaitu thitung > ttabel atau Pvalue yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima menunjukan variabel inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji F menunjukan bahwa Fhitung sebesar 54.627>Ftabel sebesar 3,15 dengan signifikansi 0,000 artinya model yang ditawakan Fit atau model yang digunakan dapat memprediksi masalah dalam penelitian ini. Koefesien Korelasi inovasi produk mempunyai hubungan kuat dengan variabel dependent. Adapun koefisien determinasi (R2) menunjukan besarnya kontribusi 0,468 atau 46,8% dari inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, sedangkan sisanya yaitu 0,532 atau 53,2% berupa kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dan diteliti dalam penelitian ini seperti kepemimpinan biaya, orientasi wirausaha, orientasi pasar maupun strategi diferensiasi dan lain-lain. Kata kunci: Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing.