PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 KOTA GORONTALO

Main Author: DITA RAEZA PUTRI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
X
Di
Smk
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911414143/pengaruh-kompetensi-pedagogik-guru-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-x-akuntansi-di-smk-negeri-4-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • DITA RAEZA PUTRI. " Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo ". (Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Kota Gorontalo . Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) klasifikasi penilaian 37 responden terhadap kompetensi pedagogik guru di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo adalah 97,09 (Tinggi) (2) klasifikasi penilaian 37 responden terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK Negeri 4 Kota Gorontalo adalah 80, 93 (Tinggi) (3) Menghitung koefisien determinasi (r atau R ) dimaksudkan untuk melihat tingkat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru (X) dengan hasil belajar siswa (Y). Rumus yang digunakan adalah Koefisien Determinasi = r 100% = (0,605)2 x 100% = 36,60%. Artinya sebesar 36,60% kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi kepada hasil belajar siswa, dan 63,40% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar