PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO

Main Author: HEMAS RESTIYANINGRUM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Ips
Di
Smp
8
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911414093/pengaruh-kompetensi-pedagogik-guru-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-kelas-viii-smp-negeri-8-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hemas Restiyaningrum, Nim: 911414093, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo.Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi,S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Bapak Ivan Rahmat Santoso,SEI, MSI. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Tehadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan tekhnik pengambilan sampel propotional Random Sampling 15 % dari jumlah semua populasi 277 siswa. Kemudian penelitian mengambil sample 42 siswa di pilih secara random. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS tepadu. Hasil penelitian ini dapat diketahui dari Hasil penelitian dengan pengujian koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,62 dengan koefisien determinasi sebesar r = 38,44%. Artinya variabel kompetensi pedagogik guru memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 38,44 % dan sisanya 61,56% berasal dari faktor lain seperti sarana dan prasarana, penggunaan media, dan kompetensi guru yang lain. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Belajar