PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: PERTIWI H. IBRAHIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Xi
Ips
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911414061/pengaruh-disiplin-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-di-sma-negeri-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pertiwi H. Ibrahim, Nim 911 414 061. 2018. " Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango ". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil persamaan regresi linier sederhana adalah ... = 56,350 + 0,12 X. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 23 persen pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Dengan kata lain semakin baik disiplin belajar maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Kata kunci : Disiplin belajar, Hasil belajar