PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 1 GORONTALO
Main Author: | HARDIYANTI ANIS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911414038/pengaruh-penggunaan-smartphone-terhadap-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-simulasi-digital-kelas-x-di-smk-negeri-1-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hardiyanti Anis, Nim 911 414 038. 2018. "Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK Negeri 1 Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari 118 populasi yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan smartphone berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo. Hasil persamaan regresi linear sederhana menunjukkan = 25,466 + 0,60X persamaan tersebut mengandung makna apabila terjadi perubahan sebesar 0,60 pada variabel aktivitas belajar siswa. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 48%, sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian hipotesis penelitian: terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Gorontalo dapat diuji dan diperoleh hasil signifikan. Kata Kunci : Smartphone, Aktivitas Belajar