PENGARUH KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | FATMAWATY A. SUGE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413113/pengaruh-keterampilan-memberikan-penguatan-dalam-proses-pembelajaran-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-di-sma-negeri-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fatmawaty A. Suge. 911 413 113. "Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku Pembimbing I dan Rustam Tohopi, S.Pd,M.Si selaku Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa keterampilan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kemudian variabilitas antara keterampilan memberikan penguatan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 15,1%. Hal ini berarti 15,1% variasi yang terjadi pada variabel Y (Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi) dapat dijelaskan oleh variabel X (Keterampilan memberikan penguatan), sedangkan sisanya 84,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Keterampilan memberikan Penguatan, Motivasi Belajar