PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO
Main Author: | ABDILLAH SYAMSUDIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413098/penerapan-gerakan-literasi-sekolah-gls-dalam-meningkatkan-kemampuan-kognitif-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-x-di-sma-negeri-1-paguat-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Abdillah Syamsudin. 2017 "Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato". Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr.Dra.Hj.Sri Endang Saleh,M.Si dan Pembimbing II Hj. Fitri Hadi Yulia Akib,SE.ME Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Gerakan Literasi Sekolah(GLS) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Paguat dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa hal ini dilihat dari peningkatan nilai akademik siswa dari sebelum diterapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan setelah diterapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Dan juga berdasarkan pendapat kepala sekolah dan salah satu guru mengatakan terjadi peningkatan nilai akademik siswa dengan diterapkannya Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan juga dilakukan uji pemahaman siswa tentang buku bacaan. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah,Kognitif Siswa.