PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SULIS SETIA WATI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Ips
Di
Smp
6
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413085/pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-kelas-viii-di-smp-negeri-6-tolangohula-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sulis Setiawati, 911 413 085. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Tolangohula Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Rusli Isa, M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dengan variabel X yaitu: penggunaan media pembelajaran dan variabel Y yaitu: motivasi belajar siswa, sesuai dengan metode penelitian maka data yang diperoleh dari penyebaran angket dianalisis secara statistika dengan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan determinasi, di peroleh nilai pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 6 Tolangohula Kabupaten Gorontalo adalah sebesar 51,8% dan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini terlihat dimana pengaruh media pembelajaran yaitu 51,8% dan 48,2% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian seperti model pembelajaran yang dapat mengurangi motivasi belajar siswa dan fasilitas belajar yang kurang mendukung sehingga motivasi belajar siswa menurun. Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.