Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ilmu Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Negeri Limboto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | LUKIANTO WAHDIN BAESIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413082/pengaruh-pendekatan-pembelajaran-saintifik-terhadap-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-x-ilmu-ilmu-sosial-madrasah-aliyah-negeri-limboto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Lukianto Wahdin Baesia, nim: 911413082, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ilmu Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Negeri Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si dan Pembimbing II Ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ilmu Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Negeri Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. hal ini dapat dilihat dan diterimanya hipotesis yang menyatakan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ilmu Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Negeri Limboto Kabupaten Gorontalo adalah sebesar 96,04% dipengaruhi oleh Motivasi Belajar Siswa dan sisanya 3,96% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan Motivasi Belajar Siswa.