Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: SISKA A. MOHAMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Xi
Di
Smk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413049/pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-video-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-xi-pada-mata-pelajaran-kewirausahaan-di-smk-almamater-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siska A. Mohamad, nim: 911413049, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd, dan pembimbing II Bapak Boby Rantow Payu, S,Si, ME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo, antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran video dan kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media video. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah post test untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 28 siswa dan XI TKR berjumlah 23 siswa di SMK Almamater Telaga. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan media video di kelas XI. Hal ini ditunjukkan melalui pengamatan penelitian pada kelas eksperimen dengan perbandingan nilai rata-rata 73,18, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata mencapai 68,43. Ini berarti bahwa Penggunaan Media video lebih unggul dibandingkan yang tidak menggunakan media video. Kata Kunci: Media Pembelajaran Video, hasil belajar siswa