UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | FEBRIANTI A. POLUTU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413026/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-think-pair-share-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-viii-a-di-smp-negeri-1-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Febrianti A. Polutu. NIM 911413026. 2017. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran THINK PAIR SHARE Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII-A Di SMP NEGERI I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Dra. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si. Pembimbing II : Rustam Tohopi, S.Pd,.M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe TPS yang dibagi dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal 11 orang (47.83%) yang memperoleh nilai >75, pada siklus I naik menjadi 15 orang (65.22%) yang memperoleh nilai >75 pada tindakan siklus II, ternyata hasil belajar siswa terjadi peningkatan, yang mendapat nilai >75 berjumlah 20 orang siswa (86.96%) dengan demikian penggunaan model Thing Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran TPS