PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTS AL-KHAIRAAT PAGUAT KABUPATEN POHUWATO PROVINSI GORONTALO

Main Author: ROLAND AGE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ips
Di
Mts
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413020/penerapan-model-pembelajaran-somatik-auditori-visual-intelektual-savi-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-mts-al-khairaat-paguat-kabupaten-pohuwato-provinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Roland Age Nim 911 413 020 "Penerapan Model Pembelajaran SAVI ( Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato". Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. H. Rosman Ilato., M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran SAVI (somatik, auditori, visual, intelektual) pada Kelas VIII Zaid Bin Tsabit di MTs Al-Khairaat Paguat. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa dengan 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan di Kelas VIII Zaid Bin Tsabit. Pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 20 orang siswa terdapat 7 orang siswa (35%) memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 73,25. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 20 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 18 orang siswa (90%) memperoleh nilai >70 dan 2 orang sisanya (10%) memperoleh nilai kurang dari