PENGARUH PEMODELAN (MODELLING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Main Author: ABDUL RAHMAN BUMULO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413012/pengaruh-pemodelan-modelling-terhadap-motivasi-belajar-mahasiswa-pada-mata-kuliah-perencanaan-pembelajaran-di-program-studi-pendidikan-ekonomi-fakultas-ekonomi-universitas-negeri-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abdul Rahman Bumulo, 2017. "Pengaruh Pemodelan (Modelling) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur Pengaruh Penerapan Pemodelan (Modelling) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang Mahasiswa. Dari hasil analisa diperoleh tanda koefisien regresi untuk variabel X (Pemodelan) yang positif. Ini menunjukkan bahwa pemodelan (modelling) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemodelan (modelling) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini teruji dengan dapat diterimanya hasil pengujian hipotesis yang dilakukan oleh peneliti. Adapun besar pengaruh pemodelan terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 53,5% sedangkan 46,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran, hendaknya seorang Dosen menerapkan pemodelan (modelling) dalam membahas materi perkuliahan, karena selain memudahkan mahasiswa untuk memahami materi kuliah pemodelan (modelling) juga dapat membuat suasana lebih aktif dan bervariasi. Kata Kunci : Pemodelan (modelling), Motivasi belajar mahasiswa.