PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 11 KOTA GORONTALO

Main Author: YULAN BOUTI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Tua
Ix
Smp
11
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911413003/pengaruh-status-sosial-ekonomi-orang-tua-terhadap-motivasi-belajar-siswa-kelas-ix-smp-negeri-11-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yulan Bouti 911 413 003.2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Sri Indriyani Dai, SE, ME Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 11 Kota Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan determinasi, diperoleh nilai pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 11 Kota Gorontalo adalah sebesar 37,2% dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa dan sisanya 62,8,% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar