PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: MOH. RIZAL A. PALINTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Ix
Ips
Di
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412137/pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-powerpoint-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-ix-pada-mata-pelajaran-ips-di-smp-negeri-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO Oleh Mohammad Rizal A. Palinto NIM 911412137 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Tahun 2017. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal test kepada siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B seebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Kabila yang kemudian data tersebut menjadi sampel dalam penelitian. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kabila kabupaten Bone Bolango. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Dummy Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran power point mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kabila. Hal tersebut ditunjukan nilai t-hitung untuk variabel penggunaan media pembelajaran power point adalah sebesar 2,473 dengan nilai signifikansi sebesar 0,016. Adapun nilai t-tabel pada tingkat signfikansi 5% dan derajat bebas df=56 adalah sebesar 2,003. Jika kedua nilai t ini dibandingkan maka nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel sehingga Ho ditolak. Dengan kata lain pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunana media power point terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kabila. Kata Kunci: Media Pembelajaran Power Point, Hasil Belajar Pelajaran IPS