PENDEKATAN PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK ALMAMATER TELAGA KABUPATEN GORONTALO PROVINSI GORONTALO
Main Author: | FATRI DEWI HASAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412106/pendekatan-pendidikan-pembentukan-karakter-siswa-di-smk-almamater-telaga-kabupaten-gorontalo-provinsi-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- PENDEKATAN PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK ALMAMATER TELAGA KABUPATEN GORONTALO PROVINSI GORONTALO Fatri Dewi Hasan1, PEMBIMBING 1 Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd2, PEMBIMBING 2 Ivan R. Santoso, SE.I.,MSi3 PENDIDIKAN EKONOMI ABSTRAK FATRI DEWI HASAN. NIM 911 412 106. 2016. Pendekatan Pendidikan Pembentukan Karakter Siswa Di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Ivan R. Santoso, SE.I.,MSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan pendekatan pendidikan pembentukan karakter terhadap siswa di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Data-data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara dan hasil dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bentuk pendekatan pendidikan karakter telah diterapkan dengan baik oleh kepala sekolah dan guru. Sehingga pendekatan tersebut dilakukan baik diruang kelas maupun didalam kelas dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan life skill. Pendidikan karakter mencakup 9 hal. Kesembilan aspek tersebut dilakukan dengan baik oleh guru dan mampu dilaksankan oleh siswa meskipun masih terdapat kendala. Kendala dalam pendekatan pendidikan karakter disekolah di SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo berasal dari kompetensi guru dan keadaan demografi siswa yang didominasi oleh siswa yang berjenis kelamin laki-laki sehingga sulit dalam menanamkan konsep moral dan karakter. Dalam menanggulangi masalah pendidikan karakter, maka guru dan kepalah sekolah berupaya memberikan solusi untuk membiasakan siswa dengan karakter kerja keras. Kata Kunci : pendekatan pendidikan pembentukan karakter