PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LCD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH GORONTALO

Main Author: SURYANI S. ADIPU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Lcd
Xi
Di
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412073/pengaruh-media-pembelajaran-lcd-terhadap-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-di-sma-muhammadiyah-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suryani S. Adipu. Nim: 911 412 073. Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SMA Muhammadiyah Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Amir Arham, ME selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Ibu Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gorontalo?". Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan angket. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu = 36,82 + 0,50X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (media pembelajaran LCD), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (aktivitas belajar siswa) sebesar 0,48 dan ini berarti setiap terjadi perubahan pada indikator model media pembelajaran LCD, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator aktivitas belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gorontalo. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.84 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 2.50. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier.(3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =9,56 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4.13. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran LCD terhadap aktivitas belajar siswa. Kata Kunci :Media Pembelajaran LCD, Aktivitas belajar siswa. &#226