PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: NINDI A. ABDUL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Tua
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412043/pengaruh-kondisi-ekonomi-orang-tua-terhadap-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-sma-negeri-1-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nindi A. Abdul, 911412043 "Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Drs. Maha Atma Kadji, M.si, Herwin Mopangga SE, M.si selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner sebanyak 30 pertanyaan yang terdistribusi 20 pertanyaan untuk indikator kondisi ekonomi orang tua dan 10 pertanyaan sesuai indikator prestasi belajar siswa. Tehnik penarikan sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Pengaruh kondisi orang tua terhadap prestasi belajar siswa yaitu 59,9% dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian yaitu kondisi ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 limboto. Semakin baik kondisi ekonomi orang tua maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Kata Kunci : Kondisi Ekonomi Orang tua dan Prestasi Belajar Siswa.