Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo

Main Author: AGUSTIN OTTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
X
Ips
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412031/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-x-ips-sma-negeri-1-telaga-kabupaten-gorontalo-provinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Agustin Otto. 911412031. &#226Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo&#226. Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Negeri 1 Telaga dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Teknik analisis datanya deskriptif presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 27 siswa terdapat 10 siswa atau 36% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 17 siswa atau 64% merupakan nilai dibawah 75. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 24 dari 27 siswa atau 88% dinyatakan tuntas belajar. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 di SMA Negeri 1 Telaga pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:&#226 jika guru menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X IPS3 SMA Negeri 1 Telaga akan mengalami peningkatan hasil belajar siswa&#226, dinyatakan diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.