PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DAN KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUWAWA

Main Author: ARMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Di
Xi
Ips
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412008/perbandingan-hasil-belajar-siswa-antara-kelas-yang-menggunakan-metode-discovery-dan-kelas-yang-menggunakan-metode-diskusi-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-kelas-xi-ips-sma-negeri-1-suwawa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Arman, 911412008 "Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Kelas Yang Menggunakan Metode Discovery Dan Kelas Yang Menggunakan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd, M.Si, dan Boby R. Payu, S.Si, ME selaku Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode discovery dan diskusi pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu hasil belajar siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas discovery dan kelas XI IPS3 sebagai kelas diskusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode discovery dan metode diskusi pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa. Perbedaan hasil belajar siswa lebih tinggi kelas yang menggunakan metode discovery yaitu dengan rata-rata nilai 91,31 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode diskusi yaitu dengan rata-rata nilai 85,8. Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa dalam penelitian ini penggunaan metode discovery lebih baik digunakan dalam pembelajaran dari pada penggunaan metode diskusi. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Discovery dan Metode Diskusi