Perbedaan Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Yang Aktif dan Tidak Aktif Berorganisasi Periode 2015/2016

Main Author: I KADEK SATRIA ARSANA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
S1
Dan
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911412002/perbedaan-indeks-prestasi-belajar-mahasiswa-prodi-s1-pendidikan-ekonomi-yang-aktif-dan-tidak-aktif-berorganisasi-periode-20152016.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK I Kadek Satria Arsana. 2016. Perbedaan Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Yang Aktif dan Tidak Aktif Berorganisasi Periode 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hamzah Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Boby Rantow Payu S.Si, ME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan indeks prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif berorganisasi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan lebih menitik beratkan pada penelitian komparatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 - 2014 Prodi S1 Pendidikan Ekonomi FE-UNG sebanyak 472 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan memperhatikan strata (stratified random sampling) mahasiswa dengan proporsi 20% sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 94 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh t_(tabel ) sebesar 1,99 dengan taraf signifikansi 5% dan t_hitung sebesar -0,835. Kriteria uji yang telah ditentukan ( ), maka hipotesis (Ho) diterima dan (H1) ditolak. Jadi dengan demikian (Ho) dapat diterima, sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikansi antara IPK mahasiswa yang aktif dan IPK mahasiswa yang tidak aktif. Kata Kunci : Aktif dan Tidak Aktif Berorganisasi, Indeks Prestasi Belajar