PENGGUNAAN MODEL PEMBELJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU

Main Author: SORAYA ABDUL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Xi
Ips
1
Di
Sma
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411184/penggunaan-model-pembeljaran-kooperatif-tipe-think-pair-sharetps-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-1-di-sma-negeri-1-telaga-biru.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SORAYA ABDUL. NIM.911411184. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Konsentrasi Perkantoran. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Maha Atma Kadji.,M.Si, dan Pembimbing II Roy Hasiru.,S.Pd.,M.Pd. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada identifikasi masalah yaitu Rendahnya hasil belajar siswa, Proses pembelajaran yang ada belum memberikan pengalaman bagi siswa, Guru belum berupaya menumbuh kembangkan Motivasi siswa, Waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran belum efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS 1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (TPS) dengan penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) yang dilaksanakan dalam II siklus . Dalam pelaksanaan tindakan peneliti dan guru mitra bermusyawarah agar penelitian ini berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak II siklus maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus I dari 31 siswa kelas XI IPS1 yang memperoleh nilai >75 sebanyak 17 siswa (54.83%) sedangkan yang meperoleh nilai 75 sebanyak 27 siswa(87.10%), sedangkan yang memperoleh nilai