PENGARUG FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH Al HIDAYAH DUMINANGA KECAMATAN HELUMO KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Main Author: ALFONS LAKAJO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Di
Al
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411093/pengarug-fasilitas-belajar-terhadap-hasil-belajar-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-madrasah-aliyah-al-hidayah-duminanga-kecamatan-helumo-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html
Daftar Isi:
  • Alfons Lakajo, 911411093. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al Hidayah Duminanga Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Dr. H. Usman Moonti, M.Si (II) Melizuabida Mahmud, S.Pd, M.Si Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al Hidayah Duminanga Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian yang di teliti adalah hasil belajar sebagai variabel terikat dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di sekolah Madrasah Aliyah Al Hidayah Duminanga Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang berjumlah 82 orang, di peroleh sampel sebanyak 45 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yanh digunakan adalah angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukan bahwa terdapat pengaruh fasilitaas belajar sebesar 41,66% terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi sekolah Madrasah Aliyah Al Hidayah Duminanga Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mingondow Selatan. Kata Kunci: fasilitas belajar, hasil belajar.