METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS XIA SMK NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO

Main Author: SUTIYANI DALALI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Ips
Xia
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411081/metode-pemberian-tugas-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-xia-smk-negeri-1-suwawakabupaten-bone-bolangoprovinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sutiyani Dalali. 911411081. Penggunaan Metode Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XIA SMK Negeri 1 Suwawa, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Raflin Hinelo S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Bapak Roy Hasiru S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah "Apakah dengan penggunaan Metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa". Sedang yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XIA SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil tindakan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Tindakan hasil siklus I adalah: hasil belajar siswa dari 25 orang yang dikenai tindakan, memperoleh nilai diatas 75 berjumlah 17 orang (68%), sedangkan yang memperoleh nilai dibawah 75 berjumlah 8 orang (32%). Dengan demikian tindakan dilanjutkan ke Siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan. Hasil tindakan di siklus 2 (dua) menunjukkan: hasil belajar siswa dari 25 orang yang dikenai tindakan, yang memperoleh nilai diatas 75 berjumlah 23 orang (92%), sedangkan yang memperoleh nilai dibawah 75 berjumlah 2 orang (8%). Hal ini berarti hasil pelaksanaan tindakan yang dilakukan sudah sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan dan tidak perlu lagi dilanjutkan kesiklus berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian tindakan yang berbunyi: "Jika dalam pembelajaran digunakan metode pemberian tugas maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XIA SMK Negeri 1 Suwawa akan meningkat" ternyata terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas. Hasil Belajar Siswa