PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DAN TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG PADA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BATUDAA
Main Author: | DIRMALA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411072/perbedaan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tps-think-pair-share-dan-tipe-nht-numbered-head-together-pada-mata-pelajaran-akuntansi-perusahaan-dagang-pada-kelas-xi-akuntansi-di-smk-negeri-1-batudaa.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK DIRMALA. 911411072. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK Negeri 1 Batudaaâ�-. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha., M.Pd dan Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE., ME. Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan gambaran tentang perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang materi Kartu Persediaan Barang Dagang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan rancangan Randomized Pree test-Post test Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Batudaa. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini diambil berupa hasil belajar aspek kognitif siswa. Data ini dikumpul dengan menggunakan instrumen test hasil belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan skor 80,23 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan 73,19. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together), Hasil Belajar Siswa.