Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Produktif 1 Di SMK Negeri 1 Gorontalo
Main Author: | RISCA MARSANTI HALID |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411042/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-tps-pada-mata-pelajaran-produktif-1-di-smk-negeri-1-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Risca Marsanti Halid. NIM.911411042. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Produktif 1 Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Produktif 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI-AP 2 SMK Negeri 1 Gorontalo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas tipe TPS yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan empat kali petermuan untuk siklus I dan 3 kali prtemuan untuk siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan kelas siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar Produktif 1 melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI-AP 2 SMK Negeri 1 Gorontalo yang mendapat nilai minimal 75 mencapai 31 orang (89%) sedangkan yang mendapat nilai di bawah 75 berjumlah 4 orang (11%). Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TPS