MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPS Di KELAS XI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SUPANTRI M. BANE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ips
Di
Xi
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911411030/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-metode-inquiry-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-xi-sma-negeri-1-telaga-birukabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SUPANTRI M. BANE, Nim 911 411 030. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inquiry Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas XI b SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd Dan Bapak Drs. Rusli Isa, M.Si Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan yaitu 27 siswa terdapat 13 siswa (48,14%) yang memperoleh nilai 75 keatas, Presentasi ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 23 dari 27 siswa (85,18%) dinyatakan tuntas belajar. Menyimpulkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa penggunaan metode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inquiry