MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 13 GORONTALO
Main Author: | CINDRAWATY MATO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410150/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-number-head-together-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-smp-negeri-13-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Cindrawaty Mato. '' Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) ( Suatu penelitian pada siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo )''. Skripsi Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd ( pembimbing I ) dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd. M.Si ( pembimbing II). Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Penelitian bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo. Rumusan dalam penelitian ini adalah '' Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together ( NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo meningkat ? Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus II, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan : Dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat. Hasilnya dapat dilihat dan dibandingkan siklus I siswa yang memperoleh nilai minimal 7.5 adalah 66.67% dan siklus II mencapai 86.67%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT) dan Hasil Belajar Siswa