pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA N 1 Limboto
Main Author: | NURSILVA RAHIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/911410146/pengaruh-sumber-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-kelas-xi-ips-sma-n-1-limboto.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NUR SILVA RAHIM NIM 911 410 146 " Pengaruh Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 limboto". Program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Dr. Yanti Aneta M.Si Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana untuk mengukur pengaruhsumber belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Limboto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 37 orang. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kurangnya motivasi para siswa, kecenderungan anak yang tidak mau belajar atau tidak ikut belajar di sekolah dikarenakan sumber belajar yang kurang memadai, serta rendahnya hasil belajar siswa karena kurang tepatnya media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan, siswa-siswa SMA Negeri 1 Limboto secara keseluruhan Siswa-siswa SMA Negeri 1 Limboto secara keseluruhan 24,32 % menggunakan tiga sumber belajar, 40,54 % menggunakan 2 sumber belajar, dan 35,14% hanya menggunakan satu sumber belajar, Pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 72,25 % dari variabel Y sedangkan sisanya 27,75 % diterangkan oleh variabel lain. Berdasarkan simpulan yang telah penulis uraikan di atas, maka penulis dapat menguraikan beberapa saran antara lain sebagai berikut : 1. Bagi orang tua kiranya berkenan menyediakan sumber belajar (sarana belajar) siswa di rumah guna memaksimalkan hasil belajar anaknya di sekolah, 2. Bagi sekolah terutama pengelola sekolah untuk mengupayakan bantuan sumber belajar yang memadai terutama buku paket yang sesuia dengan tintunan yang ada dalam kurikulum 3. Bagi peneliti selanjutnya agar kiranya berkenan menambah variabel lain yang memenuhi hasil belajar dan kemauan siswa untuk belajar Kata Kunci : sumber belajar siswa (X), hasil belajar siswa (Y)